Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa, 26 Januari 2010

Apakah Anda Mengidap Dysmenorrhea?


Gejala nyeri perut, migrain, atau mood swing, biasanya hanya terjadi menjelang menstruasi, atau sering kita sebut sebagai Pre Menstrual Syndrome. Ketika berbagai rasa nyeri itu masih terasa saat menstruasi tiba, itulah yang kita sebut dengan dysmenorrhea. Terminologi ini mengacu pada rasa sakit dan nyeri di awal menstruasi. Umumnya terjadi dua hari pertama saat datang bulan.

Dysmenorrhea disebabkan adanya kontraksi atau gerakan otot-otot rahim yang kuat. Pada sebagian perempuan, rasa nyeri bisa sangat hebat, bisa pula amat ringan. Perempuan dengan dysmenorrhea yang hebat, kemungkinan besar memproduksi banyak prostaglandin di dalam rahimnya. Prostaglandin menyebabkan otot-otot rahim bergerak lebih kuat dan sering, sehingga menyebabkan turunnya aliran darah ke dalam rahim. Akibatnya syaraf-syaraf di rahim jadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Setidaknya ada 6 gejala dysmenorrhea:
* Nyeri pada perut bagian bawah seperti dicengkeram atau diremas-remas.
* Sakit kepala berdenyut.
* Muntah-muntah atau merasa mau muntah.
* Nyeri punggung bagian bawah dan kaki.
* Perut mulas dan terjadi diare.
* Pingsan.

Menggunakan obat-obatan adalah salah satu cara untuk mengobatinya. Namun sebenarnya ada cara alami untuk mengatasinya, seperti:
* Makan makanan yang kaya protein dan serat menjelang menstruasi Anda.
* Kurangi garam dengan cara menghindari junk food, atau makanan ringan yang mengandung banyak garam (misal pizza, makanan kaleng, dan camilan).
* Minum banyak jus buah. Hindari kopi, teh, dan minuman bersoda.
* Tenangkan pikiran dan rileks. Misalnya melakukan hobi atau mendengarkan musik.

Apa yang bisa Anda lakukan jika nyeri sangat berlebihan? * Jika rasa sakit sangat parah, jangan tunggu sampai berlebihan. Minumlah obat penghilang rasa sakit. * Kompres dengan air yang hangat di sekitar daerah yang nyeri. * Berbaring dengan santai jika merasa sakit kepala.(Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar